Selasa, 17 Maret 2009

Komputer dan Masyarakat

BAB I

PENDAHULUAN

I.I. Latar Belakang

Komputer mempengaruhi cara hidup kita, bekerja, dan bermain. Komputer tersebar luas disemua tempat dan secara virtual mempengaruhi setiap aspek kehidupan dunia, dari makanan yang kita makan sampai mobil yang kita kendarai. Komputer digunakan untuk menganalisis, mendiagnosis dan berkomunikasi.

Populasi internet telah mengubah cara hidup kita berkomunikasi, mendapatkan informasi, dan pergi ke sekolah. Pengaruh internet telah menyentuh banyak aspek karena gagasan dan informasi dapat dibagikan dengan mudah diseluruh penjuru dunia.

Di dalam bab ini, kita akan mempelajari dampak komputer terhadap manusia dan efeknya terhadap masyarakat dan dunia secara luas. Oleh karena itu komputer digunakan dibanyak area. Kita perlu memahami bagaimana komputer berfungsi dan bagaimana menggunakan komputer dengan aman. Penggunaan aplikasi untuk komputer kemungkinan besar meningkat. Efeknya terhadap masyarakat akan terus berlanjut dan makin banyak orang mendapatkan akses ke komputer.

Bab ini memperkenalkan kepada kita dasar-dasar teknologi komputer, baik komponen fisik maupun fungsi-fungsi yang tercangkup dalam proses komputer. Kita akan mengeksplorasi berbagai hal tentang dimana dan bagaimana komputer digunakan di beberapa aspek kunci kehidupan kita. Ada banyak pekerjaan yang menggunakan keyboard, monitor dan mouse, sehingga anda perlu tahu bagaimana menggunakan peranti tersebut selama berjam-jam tanpa menggangu kesehatan anda. Petunjuk sederhana namun efektif akan membantu menegah atau mengurangi masalah pada mata, pergelangan tangan leher dan punggung anda.

BAB II

KOMPUTER DI SEMUA BIDANG KEHIDUPAN

2.1. SISTEM KOMPUTER

2.1.1. Definisi Komputer

Komputer adalah sebuah peranti (perangkat) yang dapat diletakkan pada sebuah meja atau dipasang pada sebuah pacemaker didekat jantung anda. Ia dapat menempati sebuah ruang. Komputer memiliki empat fungsi penting yaitu input, pemrosesan, penyimpanan, dan output. Komputer bisa berukuran sembarang dan dapat diletakkan dihampir semua tempat.

2.1.2. Input

Input mengarah kepada tindakan mentransfer instruksi atau data ke dalam komputer. Data adalah kumpulan fakta dan gambar yang belum diproses, seperti nama dan alamat, atau item yamg sudah dibeli. Keyboard dan mouse adalah contoh peralatan input.

2.1.3. Pemrosesan

Komputer memanipulasi data sesuai dengan kumpulan instruksi. Hasilnya adalah informasi, data yang disusun dalam cara yang bermanfaat. Manipulasi data ini dikenal dengan istilah pemrosesan. Kumpulan instruksi khusus untuk menyelesaikan sebuah tugas yang dapat diikuti/dilakukan oleh komputer disebut algoritma. Penulisan algoritma untuk komputer disebut pemrograman, dan komputer yang dapat mengubah program dinamakan programmable.

2.1.4. Penyimpanan

Komputer harus memiliki kemampuan untuk menyimpan data dan instruksi sementara ia memproses data. Jenis penyimpanan ini dikenal sebagai penyimpanan primer atau memori.

1. Penyimpanan Primer (Memori)

Ada dua jenis memori pada sebuah komputer:

1. Erasable programmable read only memory (EPROM)

Jenis memori ini berisi instruksi-instruksi yang digunakan oleh komputer ketika ia memulai (start up) dan berkomunikasi dengan komponen–komponen internalnya.

2. Random access memory (RAM)

Prosesor memanggil data dari memori, memproses, dan mengembalikannya ke memori. RAM dirancang agar sesuai dengan prosesor, dan waktu yang diperlukan untuk membaca atau menulis data ke dalam prosesor di ukur dengan nonsecond, miliar/detik. Kapasitasnya diukur dengan megabyte.

2. Penyimpanan Sekunder

Ada tiga jenis perangkat penyimpanan sekunder, yang dikelompokkan menurut teknologi yang digunakan untuk menyimpan data.

1. Media Magnetik

Membungkus material magnetik pada sebuah disk dapat merekam dan menyimpan data dengan menarik titik kecil pada disk dalam suatu arah atau sebaliknya.

2. Media Optik

Data dapat direkam dalam bit kecil pada permukaan disk.

3. Flash Memory

Tidak seperti memory magnetik atau optik, flash memory tidak mempunyai bagian-bagian yang bergerak/berpindah.

2.1.5. Output

Output dikenal juga sebagai hasil dari pemrosesan atau sebuah proses. Output harus dilaporkan kepada pengguna dengan menggunakan beberapa cara. Monitor dan printer adalah contoh perangkat output.

2.1.6. Fungsi dan Arus Data

Fungsi sebuah komputer dan hubunganya satu sama lain dapat dipahami dengan mengikuti arus data ketika ia bergerak melalui komputer. Untuk bisa menghasilkan informasi yang tertata dan bermanfaat, ada beberapa event atau tahap dalam urutan tertentu.

Ø Input

Operator mengetikkan kata, angka, atau perintah pada keyboard atau menggunakan mouse untuk menujuk pada layar dan mengklicknya.

Ø Penyimpanan Primer

Data, program, dan perintah disimpan didalam RAM

Ø Pemprosesan

Prosesor memanipulasi data menurut sebuah program dan perintah yang disediakan oleh operator.

Ø Penyimpanan Primer

Hasil pemrosesan disimpan ke dalam RAM.

Ø Output

Data yang telah diproses ditransfer dari memory ke monitor atau printer.

Ø Penyimpanan sekunder

2.2. DAMPAK KOMPUTER di BERBAGAI BIDANG

1. Bisnis dan Pemerintah

Semua jenis organisasi menggunakan komputer secara ekstensif untuk mengelola komunikasi, keuangan dan proyek. Berikut ini ada beberapa contoh bagaimana komputer digunakan dalam bisnis dan pemerintah.

Ø Dokumen

Ø Keuangan

Ø Database

Ø Menjadwalkan Pertemuan

Ø Manajemen proyek

2. Pendidikan

Penggunaan komputer dan internet sekarang tidak terbatas pada siswa. Komputer dan internet juga mempengaruhi pendidikan ditingkat lebih tinggi, dimana siswa dapat mengikuti pelajaran secara online.

3. Kesehatan

Bidang kesehatan menggunakan komputer sebagai alat untuk mendiagnosis dan memberikan treatment (pengobatan).

4. Militer

Militer AS mengandalkan teknologi tinggi untuk meningkatkan efektifitas dan keamanan tentara mereka.

5. Transportasi

Bagi industri transportasi saat ini, komputer memberikan memberikan kemamapuan untuk mengelola fleet (iring – iringan kendaraan/armada) kendaraan mereka dengan melacak lokasi dan penggunaan kendaraan, untuk membantu memelihara dan mengefisiensikan operasi mesin, untuk mengontrol lalu lintas, dan untuk melakukan reservasi.

6. Rekreasi

Orang menggunakan komputer untuk hiburan maupun untuk bekerja. Mereka dapat menggunakan komputer untuk mensimulasi game bagi para pemain yang mungkin berada diruang yang sama di manapun di dunia.

2.3. KOMPUTER dan KESEHATAN

Komputer telah menjadi bagian dalam kehidupan kita, dan banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam didepan komputer. Anda melakukan gerakan berulang dari posisi tubuh yang sama, bagian–bagian tubuh anda menjadi lelah. Posisi yang tidak benar dapat mempercepat kelelahan dan bahkan menyebabkan masalah kronis. Tip-tip berikut ini efektif mengurangi kelelahan, tetapi bukan berarti cocok bagi semua orang.

2.3.1. Ergonomik

Ergonomik adalah ilmu terapan dari desain peralatan untuk mengurangi kelelahan dan ketidak nyamanan operator, komputer sering ditempatkan pada ruang kerja dengan kurang memperhatikan faktor kenyamanan atau kelelahan operator. Entah anda bekerja dengan komputer atau mengelola orang yang bekerja dengan komputer, anda perlu mengetahui hal-hal dasar tentang desain ergonomik.

2.3.2. Praktik – Praktik Kesehatan

Untuk memaksimalkan kenyaman dan mengurangi stress pada tubuh anda sementara bekerja dengan komputer, anda perlu membuat posisi sejajar vertical dan horizontal antara tubuh anda dan komputer anda juga perlu menempatkan pencahayaan yang tepat agar mata anda tidak lelah. Posisi tersebut dibagi menjadi dua yaitu:

1. Posisi Vertikal

Meminimalkan stress pada leher anda, Jika anda menggerakan kepala anda ke depan sehingga tidak langsung berada diatas punggung, maka otot leher anda harus bekerja lebih keras untuk menompang beratnya, dan otot-otot di antara ruas tulang belakang pada punggung anda akan tertekan, yang mengakibatkan sakit punggung. Jika badan anda bergerak maju dan condong kearah kanan atau kiri untuk melihat dokumen pada meja, masalah stress dan tekanan dan bahkan lebih buruk. Sangatlah penting memilih bekerja yang menjaga kepala anda dalam posisi tegak dan diatas punggung anda.

Keyboard, Keyboard biasanya element komputer yang kurang disesuaikan dan akan berfungsi sebagai titik awal untuk menyesuaikan tinggi element-element komputer lainya. Tinggi kursi anda seharusnya sesuai dengan tinggi badan anda sehingga jari-jari anda bisa nyaman diatas keyboard dengan lengan atas anda sejajar lantai, seperti ditunjukan pada (Gambar 2.3.2). Beri perhatian terhadap pergelangan tangan anda. Pergelangan tangan anda seharusnya tidak terlalu naik atau turun untuk bisa mengetik dengan normal.

Gambar 2.3.2. Posisi jarak antara user dengan komputer

Monitor, Tinggi monitor seharusnya memungkin anda melihat pusat layar tanpa membuat kepala anda mendongak ke atas atau sedikit turun. Beberapa orang menggunakan lens bifokal atau variable-focus mungkin membutuhkan preskipsi khusus yang memberikan fokus tanpa perlu mengubah posisi kepala. Jika perlu, monitor dapat diangkat dengan menaruhnya pada penyangga yang sesuai. Monitor seharusnya dapat dimiringkan sehingga permukaan layar agak lurus dengan lensa mata anda. Jika anda bekerja dari dokumen kertas, bookstand yang menahan dokumen pada posis vertikal di samping monitor dapat meminimalkan keharusan untuk memiringkan kepala ke arah samping bawah.

Penyangga kaki, Telapak kaki anda seharusnya berada di lantai, mendukung berat kaki anda. Jika berat kaki didukung oleh tempat duduk dari kursi yang anda pakai, tekanan pada belakang kaki anda akan menghambat sirkulasi. Jika anda tidak dapat menyesuaikan tinggi kursi agar dapat menggunakan keyboard dengan nyaman tanpa mengangkat kaki dari lantai maka gunakanlah penyangga kaki yang membuat telapak kaki anda mendukung berat kaki anda.

Mouse, Mouse sebaiknya sama tinggi dengan keyboard atau dalam posisi dimana ia dapat digunakan tanpa membuat lengan pengguna tidak tersangga.

2. Posisi Horizontal

Keyboard, Kebanyakan keyboard yang digunakan komputer desktop memiliki sekelompok kunci dibagian kanan untuk angka, anak panah, dan fungsi-fungsi khusus. Keyboard sering ditempatkan dengan pusat kunci alphabet yang umum digunakan berada dibagian kiri bagian pusat. Untuk mengetik dalam posisi ini, mereka mencondongkan bahunya ke kiri.

Mouse, Kebanyakan orang menggunakan tangan kanan, artinya mereka bisa menaruh mouse di sebelah kanan keyboard. Jika anda memindahkan ke kanan agar kunci-kunci huruf menjadi terpusat, anda perlu berusaha keras untuk menjangkau mouse. Jika anda bertangan kidal, ini akan menjadi keuntungan anda. Orang dengan tangan kanan harus berkompromi menggunakan kombinasi keyboard dan mouse yang sudah ada. Salah satu pilihan anda belajar menggunakan mouse untuk bagian kidal disebelah kiri keyboard. Pilihan lain adalah belajar shortcut keyboard untuk sebagian besar operasi agar tangan anda tidak terlalu sering terlepas dari keyboard dan menjangkau mouse.

Pencahayaan, Kelompok otot lainya yang dapat lelah karena kondisi yang tidak tepat adalah otot mata. Ketika kita mengubah fokus dari objek yang dekat ke objek jauh, otot-otot mata menarik lensa mata untuk membuatnya lebih datar. Ketika kita mengubah fokus kembali ke objek dekat, otot menjadi rileks dan lensa kembali ke kondisi normal. Jika kita melihat objek yang terang, otot-otot pada selaput pelangi (iris) berkontraksi untuk membuka, atau pupil, untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata. Ketika kita melihat objek gelap, otot-otot rileks dan selaput pelangi melebar agar lebih banyak cahaya yang masuk.

Monitor, Komputer yang lebih baru dapat mengelola beberapa monitor sekaligus, yang mengurangi gerakan mouse atau keystroke yang diperlukan untuk beralih diantara dokumen yang terbuka dan membuat kepala bergerak ke sisi kanan atau kiri sementara bekerja, ketimbang tetap dalam satu posisi untuk jangka waktu panjang.

Refleksi Cembung (Veiling reflection), Refleksi cembung dapat mengubah fokus dari permukaan monitor ke objek jarak jauh yang dipantulkan didalamnya. Hal ini menyebabkan otot mata mengalami kontraksi. Ketika kita menyadari bahwa dokumen jauh dari fokus, mata berubah kembali ke fokus dekat. Proses ini dapat berulang dengan sendirinya, yang menyebabkan kelelahan pada otot mata.

Kontras, Untuk dapat mengurangi kelelahan pada selaput pelangi, ruangan dan dokumen-dokumen anda sebaiknya sama teranganya dengan monitor komputer. Sebagian besar monitor mempunyai penyesuaian cahaya sehingga anda dapat menambah atau mengurangi brightness agar lebih sesuai dengan kondisi sekitar anda.

2.4. AKSES UNIVERSAL

Komputer adalah bagian integral dari kehidupan dan sangatlah penting untuk belajar bagaimana menggunakannya agar dapat berpartisipasi sepenuhnya dalam masyarakat saat ini. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenal komputer dengan baik.

2.4.1 Pembagian Digital

Pembagian digital adalah istilah yang menggambarkan pengelompokan orang dalam kedua kelompok yaitu mereka yang yang mempunyai teknologi dan kemampuan unt

uk menggunakannya dan mereka yang tidak. Oleh karenanya penggunaan komputer biasanya dikaitkan dengan penggunaan internet, studi tentang akses komputer juga membahas aksebelitas ke internet.

1. Amerika Serikat

Departemen perdagangan AS menerbitkan laporan pada febuari 2002 yang menggambarkan penggunaan internet di Amerika. Laporan tersebut, menggambarkan penggunaan internet dan membaginya ke dalam faktor-faktor demografi seperti pendapatan, status pekerjaan, umur, jenis kelamin, pendidikan lokasi kota atau pinggiran dasar (lihat Gambar 2.4.1.). Pada bagian rangkuman, laporan tersebut memberikan beberapa fakta penting yang menggambarkan pembagian digital dan bagaimana perubahanya di AS.

Ø Empat puluh persen warga negara menggunakan internet, dan 60% menggunakan komputer.

Ø Sembilan puluh persen anak-anak antara 5 sampai 17 tahun menggunakan komputer.

Ø Komputer-komputer di sekolah secara substansial mempersempit jarak antara tingkat penggunaan komputer bagi anak-anak dari keluarga berpendapat rendah dengan berpendapat tinggi.

Ø Penggunaan internet diantara orang kulit hitam dan Hispanik bertumbuh 10 – 13% lebih cepat dari pada diantara orang kulit putih dan asia.

Ø Kenaikan tertinggi diantara berbagai jenis pengguna kalangan rumah tangga, sebesar 29%, adalah diantara ibu-ibu tunggal.

Ø Delapan puluh persen orang Amerika yang menggunakan internet, mengakses internet melalui layanan dial-up.

Ø Penggunan residensial dari layanan broadband kecepatan tinggi, hampir dua kali lipat, dan 11% menjadi 20% pengguna internet.

Ø Empat puluh lima persen populasi menggunakan e-mail, naik dari 35% pada tahun 2000

Ø Sekitar sepertiga orang Amerika menggunakan internet untuk mencari informasi tentang produk dan jasa (36%, naik dari 26% pada tahun 2000).

Ø Kehadiran internet dalam rumah tangga seseorang yang menggunakan komputer atau internet di tempat kerja di hubungkan dengan meningkatkan kepemilikan komputer atau penggunaan internet untuk rumah tangga, dengan marjin sekitar 77% sampai 35%.

2. Negara-Negara Maju

Sebuah laporan dari organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Sebuah kelompok dengan 30 negara anggota yang sebagian besar berasal dari Eropa dan Asia, memberikan informasi berikut:

Ø Tingkat penetrasi host internet untuk AS adalah tujuh kali lebih besar dari pada Uni Eropa, Dan delapan kali lebih besar dari pada Jepang.

Ø Pada Maret 2000, AS menambah jumlah secure server tiga kali lipat dari yang ada pada negara anggota OECD, jika digabungkan.

Ø Negara-negara yang menarik biaya berdasarkan menit akses internet, tingkat penetrasinya jauh lebih rendah dari pada yang menarik biaya tetap untuk akses tak terbatas.

Ø Di AS dan jumlah kecil negara lainya dengan struktur harga yang lebih baik untuk akses internet, penggunaan internetnya jauh lebih tinggi dibanding negara-negara OECD lainya, sebagaimana dalam rata-rata waktu yang digunakan untuk online.

3. Negara Sedang Berkembang

Tiga faktor utama yang bertanggung jawab terhadap rendahnya akses ke komputer dan penggunaan komputer pada negara-negara miskin dan sedang berkembang adalah:

Ø Kurangnya pasokan listrik yang stabil

Ø Akses terbatas ke layanan telepon

Ø Kekurangan umum

2.4.2. Penggunaan dengan Kebutuhan Khusus

Laporan dari Departemen Perdagangan [AS], A Nation Online: How American Are Expanding Their Use of the Internet, menggambarkan penggunaan komputer dan internet diantara orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik. Para peneliti mengumpulkan data tentang orang-orang yang menyatakan bahwa mereka mempunyai kondisi fisik yang membatasi pendengaran mereka, penglihatan, penggunaan keyboard, kemampuan untuk berjalan, atau kemampuan untuk meninggalkan rumah lihat (Gambar 4.2.2.). Hasil laporan tersebut memberikan pemahaman mengenai masalah aksebilitas.

Ø Rata-rata 85% dari populasi melaporkan sedikitnya satu dari lima keterbatasan tersebut.

Ø Hanya 2% dari populasi antara umur 3 sampai 24 tahu yang melaporkan salah satu dari keterbatasan tersebut.

Ø Hampir 30% populasi berumur 65 tahun dan diatasnya melaporkan salah satu dari keterbatasan tersebut.

KESIMPULAN DAN SARAN

3.1 Kesimpulan

Setelah kita mempelajari komputer diberbagai bidang kehidupan kita dapat menyimpulkan penggunaan komputer tidak hanya dikalangan mahasiswa atau pelajar saja, melainkan ibu rumah tangga bahkan anak yang berusia 5 tahun saja sudah mulai untuk belajar komputer. Kegunaan komputer semakin tahun semakin meningkat, baik yang hanya memanfaatkan komputerisasinya saja atau yang sudah menghubungkan pada akses internet. Selain itu komputer juga memiliki tata cara posisi yang benar ketika menggunakan komputer, agar pengguna tidak cepat merasa lelah walaupun harus berjam-jam berhadapan dengan komputer.

Kesehatan dalam penggunaan komputer juga harus lebih di perhatikan lagi karena banyak sekali pengaruh yang disebabkan oleh komputer diantaranya mata, leher, punggung serta kaki. Dan semuanya itu sudah kita bahas dalam bab 2 ini.

3.2. Saran

Berdasarkan materi yang kita bahas di dalam makalah ini, maka saran bagi pembaca yang sangat tepat yaitu mulailah mengenal komponen-komponen komputer dan pelajari segala macam software yang tersedia di dalamnya, agar di kemudian hari kita dapat mengembangkannya menjadi suatu informasi sangat bermanfaat bagi penerima informasi orang itu sendiri. Maka dari itu mulailah kita belajar komputer dari sekarang agar kelak di kehidupan yang akan datang kita tidak ketinggalan dengan yang namanya teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Layang-layang

Dulu pernah kaubelikan aku sebuah layang-layang pada hari ulang tahun. Aku pun bersorak sebagai kanak-kanak tapi hanya sejenak.