Senin, 24 Februari 2014

Evaluasi Struktur Data

Pengertian dari :


Yang dimaksud dengan Struktur Data yaitu : cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien, Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia
nyata. Struktur data primitif adalah wadah data yang paling sederhana atau biasa juga disebut sebagai tipe data primitif atau struktur data primitif. Bahasa pemrograman biasa menyediakan sejumlah struktur data primitif.


Berikut ini adalah beberapa tipe data primitif beserta keterangan dan kebutuhan memori
  1. Shortint --> Bilangan bulat antara -128 sampai dengan 127, kebutuhan memori 1 byte
  2. Integer --> Bilangan bulat antara -32767 sampai dengan 32768, untuk penggunaan memori pada tipe ini membutuhkan 2 byte
  3. Longint -->Bilangan bulat antara -2147483648 sampai dengan 2147483647, untuk penggunaan memori pada tipe ini membutuhkan sekitar 4 byte.
  4. Byte --> Bilangan bulat antara 0 sampai dengan 255, untuk kebutuhan penggunaan memori pada tipe data ini membutuhkan 1 byte
  5. Word --> Bilangan bulat antara 0 sampai dengan 65535, kebutuhan memori membutuhkan 2 byte
  6. Real --> Bilangan real, penggunaan memori membutuhkan 6 byte
  7. Boolean --> Data logika,  bisa berupa True dan False, untuk penggunaan memori tipe data ini membutuhkan 1 byte
  8. Char --> Menyatakan sebuah karakter dan membutuhkan 1 byte penggunaan memori

Beberapa tipe data digunakan pada bilangan bulat. Pada keadaan seperti itu pemilihan tipe data dilakukan dengan pedoman :
  • Pilihlah yang membutuhkan memori paling sedikit
  • Semua kemungkinan nilai bisa terakomodasi oleh tipe tersebut.

Sebagai contoh, diinginkan untuk memproses usia orang. Tipe data Byte bisa digunakan, mengingat usia orang tidak mungkin lebih dari 255 (bilangan terbesar yang bisa ditangani oleh tipe Byte)

2 komentar:

Layang-layang

Dulu pernah kaubelikan aku sebuah layang-layang pada hari ulang tahun. Aku pun bersorak sebagai kanak-kanak tapi hanya sejenak.