Jumat, 15 Mei 2009

Tips Untuk Mengatasi Stress



SAAT mendengar kata stres, apa yang terlintas di kepala? Jawaban yang muncul adalah emosi, sakit kepala, malas, dan semua hal yang mengarah ke perilaku negatif lainnya. Kondisi tersebut umumnya dialami seseorang karena kehidupan modern yang begitu banyak tantangannya. Selain itu, tekanan pekerjaan, serta krisis ekonomi dapat memicu kondisi seseorang jadi stres.
Mengenai hal itu, dosen fakultas Psikologi UI, Dian Wisnu SPsi, MPsi, membenarkannya.

"Stres merupakan keadaan tidak nyaman yang dialami seseorang karena tidak dapat mangatasi permasalahan yang sedang terjadi. Tentunya banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang stres, baik itu tekanan dari kerjaan, orangtua, atau krisis ekonomi, dan bencana alam seperti banjir. Untuk mengatasinya harus ada cara-cara tertentu yang ditempuh," kata Dian .

Memang sangat menyebalkan saat stres datang, namun sebenarnya Anda bisa mengendalikannya. Caranya? Mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips yang diberikan wanita kelahiran 15 Mei 1977 ini. Di antaranya:

Meditasi

Menenangkan pikiran dalam sebuah ruangan yang tenang dapat membantu Anda mengurangi beban pikiran. Sisihkan waktu sejenak dan cobalah untuk lebih rileks sambil bermeditasi agar Anda dapat lebih tenang.

Dengarkan musik atau tonton film

Menikmati hal yang menyenangkan seperti mendengarkan alunan musik atau menonton film diyakini dapat mengatasi stres. Selain menghibur, keduanya mampu memberikan semangat baru untuk Anda.

Hang out bersama teman

Ketika stres menjadi masa sulit, maka kini adalah waktunya untuk Anda meluangkan waktu dengan teman-teman untuk hang out ke tempat-tempat yang menyenangkan.

Untuk meringankan beban pikiran, Anda pun dapat membaginya dengan teman-teman melalui ajang curahan hati (curhat). Karena curhat merupakan salah satu cara ampuh untuk meluapkan stres yang sedang Anda hadapi. Jadi, Anda tak sendiri menghadapinya, ada teman yang membantu Anda untuk melewati masa-masa tersebut.

Minum teh

Duduk tenang sambil menikmati hangatnya secangkir teh dapat membantu Anda menghadapi situasi yang tidak menyenangkan. Menurut sebuah penelitian, teh memiliki kandungan anti oksidan yang mampu membuat seseorang mengatasi masa sulit seperti stres.

Makan cokelat atau buah

Tak hanya minum teh hangat saja, makan cokelat atau buah juga dapat memberikan fungsi yang sama bagi setiap orang saat menghadapi stres. Tapi untuk mengonsumsinya pun harus disesuaikan dengan takaran.

Artinya, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat tentu akan menimbulkan masalah baru. Tak hanya buruk bagi tubuh yang menyebabkan kegemukan, tetapi juga dapat menimbulkan stres yang baru.

Olahraga

Kondisi stres memang dapat disebabkan berbagai faktor. Nah salah satu cara lain untuk mengatasi stres adalah dengan berolahraga, selain dapat membantu kondisi tubuh selalu sehat dan bugar, olahraga juga dapat akan menjaga pikiran tetap segar. Sehingga Anda dapat mengatasi stres sebaik mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Layang-layang

Dulu pernah kaubelikan aku sebuah layang-layang pada hari ulang tahun. Aku pun bersorak sebagai kanak-kanak tapi hanya sejenak.