Senin, 25 Mei 2009

5 Strategi Pengikis Lemak



Kembali ke tubuh yang sehat adalah pilihan yang bijak. Karena tubuh sehat, tidak hanya menawarkan keindahan tapi juga menjamin kualitas hidup yang lebih baik.
Dan tidak dapat dipungkiri, pola makan adalah penentu dari seberapa dekat kita menghampiri kualitas hidup tersebut. Agar lebih maksimal, ikutilah program menghilangkan lemak tubuh berikut ini:

Menggenggam Makanan
Jika selama ini kita mengukur porsi kenyang menggunakan sendok nasi yang besar, ada baiknya meninggalkan takaran tersebut. Karena ternyata, genggaman tangan merupakan panduan mendapat asupan yang ideal bagi tubuh. Contohnya untuk mendapat asupan daging sebesar 85 gram, genggaman tangan adalah ukurannya. Dan jadikan ujung jari untuk mengukur minyak yang akan digunakan. Ukuran ini setara dengan 1 sendok teh.

Melahap porsi kecil
Menurut University of Michigan, perempuan yang mengikuti pola makan kecil akan memiliki tubuh lebih ramping dan lemak tubuh yang lebih sedikit. Porsi ini membuat metabolisme tubuh melaju lebih cepat tapi tubuh teteap penuh. Makanlah tiga porsi kecil makanan yang diselingi dua atau tiga cemila dalam sehari. Adapun jarak ideal untuk pola asupan tersebut adalah 4 jam.

Kurangi 100 kalori setiap kali makan
Jangan langsung membayangkan hal ini akan sangat merepotkan kita. Cukup dengan mengurangi mentega 1 sendok makan, setiap kali melumuri roti. Atau tidak mengambil roti crouton, saat menikmati salad di restoran langganan kita.

Primadona asupan, makanan tinggi serat dan air
Jadikan sup kaldu ayam atau sayur mentah, sebagai menu favorit. Sebuah penelitian yang melibatkan 150 orang berbobot lebih, menunjukkan mereka yang mengkonsumsi sup setiap hari, berat badannya menyusut hingga 50% dibandingkan yang tidak melakukannya. Sedangkan untuk mereka yang terbiasa menikmati sayur mentah, berhasil memangkas kalori hingga 12%.

Say no snack and junk foods
Cemilan dan makanan siap saji atau junk foods, adalah makanan yang tidak masuk akal. Kalorinya besar tapi tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Ini semakin dipertegas dengan survey yang dilakukan terhadap 7.000 perempuan yang gemar menyantap cemilan dan makanan siap saji. Hasilnya, mereka memiliki indeks massa tubuh yang tinggi dan juga bobot yang lebih berat.

Sumber: Prevention Indonesia n tabloidnova.com
Ilustrasi: Aries Tanjung/Nova

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Layang-layang

Dulu pernah kaubelikan aku sebuah layang-layang pada hari ulang tahun. Aku pun bersorak sebagai kanak-kanak tapi hanya sejenak.