Rabu, 18 Juni 2008

Duuuh.... Sakit!


Jika hal ini selalu kamu alami, gak perlu bete. Kondisi yang sama juga dialami oleh berjuta-juta perempuan di dunia sebenarnya. Apakah ini pertanda gangguan serius pada organ reproduksi? Daripada salah sangka, mending baca dulu deh artikel ini...

Proses yang wajar

Rasa nyeri yang selalu dialami menjelang menstruasi, sebenarnya bersumber dari ketegangan otot perut kita. Lebih tepat lagi, adalah ketegangan otot rahim. Kondisi ini terjadi karena seperti juga otot-otot di bagian tubuh kita yang lain, otot rahim berkontraksi: mengerut dan relaks ketika bekerja. Kerja otot rahim ini berlangsung untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim.

Kontraksi otot ini sangat kuat, sehingga menyebabkan ketegangan. Sayangnya ketegangan itu tidak sekadar dialami oleh otot rahim. Tetapi otot penunjang, seperti otot pinggang, panggul bahkan kadang-kadang otot paha bagian atas, cenderung ikut menegang. Ketegangan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri.

Jika sulit untuk memahami, cobalah bayangkan nyeri otot yang kamu alami setelah berolahraga sangat berat. Biasanya jika jenis olahraganya atletik, lari; maka kamu akan merasakan pegal pada kaki selama beberapa hari kan. Naaah, begitulah analoginya nyeri perut akibat ketegangan otot itu. Jadi... gak ada masalah tuh, sama gangguan serius seperti kanker rahim, yang sering dicemaskan.

Tetap aktif

Sakit perut menjelang menstruasi, memang sangat mengganggu. Bahkan beberapa teman kita bisa pingsan karena menahan sakit. So... agar hal tersebut bisa ditanggulangi secara baik, cobalah beberapa hal yang sering disarankan oleh medis:

  • Minum obat pereda nyeri. Pilih obat yang khusus dibuat untuk ngatasin nyeri haid. Konsumsi sesuai aturan yang ada di kemasan, sehingga obat ampuh bekerja.
  • Kompresan panas. Karena penyebab nyeri perut menjelang menstruasi itu pangkalnya ketegangan otot, maka cara yang paling ok adalah menggunakan kompresan panas. Suhu panas bisa menurunkan tingkat ketegangan otot. Kalo otot udah gak tegang, maka otomatis sakitnya pun segera mereda.

Udah jelas belum sekarang? So... kamu bisa bebas sakit perut rutin dong mulai sekarang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Upadi", Semacam Mencari, Semacam Riang

Upadi artinya semacam mencari. Apakah dengan semacam riang kau nanti akan mencari-cari pemahaman dari halaman-halaman buku ini, tapi tak pah...