Kamis, 12 Agustus 2010

..::=:: Terapkan Disiplin dan Inovasi ::=::..



Karyawan merupakan aset perusahaan untuk merealisasikan rencana manajemen yang telah dibuat. Sebaik apapun konsep yang disiapkan, tanpa didukung staf yang kompeten semua akan sia-sia. Oleh karena itu, mengembangkan staf merupakan hal yang perlu dilakukan. Berikut langkah untuk mengembangkan staf Anda.

Mulailah untuk memberikan mereka tugas yang menantang, bila Anda merasa bahwa bawahan sudah cukup siap untuk menerima hal tersebut. Sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dalam mengerjakan tugas yang lebih besar dari tugas sebelumnya. Dengan begitu secara bertahap, limpahkan tugas yang biasanya Anda kerjakan pada bawahan. Tindakan ini bisa menumbuhkan motivasi sekaligus memacu kreativitas staf dalam bekerja.

Mintalah saran atau pendapat mereka dan libatkan mereka dalam pengambilan keputusan. Sehingga akan membuat staf merasa bertanggung jawab terhadap perusahaan dan terpacu untuk menumbuhkan ide-ide lainnya karena merasa dianggap penting oleh perusahaan.

Jika staf Anda bisa melakukan sebuah tugas dengan baik, jangan segan memberikan pujian. Hal ini akan membuat staf merasa dihargai dan memacu mereka untuk selalu bekerja dengan baik. Tapi seandainya pekerjaan yang dilakukan belum menunjukkan hasil maksimal, jangan menyepelekannya. Lakukan evaluasi dan tawarkan kesempatan baru untuk memperbaiki kinerjanya.

Sempatkanlah diri untuk mengontrol perkembangan kerja staf Anda. Kemudian, berikan umpan balik yang jujur dan obyektif. Supervisi yang Anda lakukan bisa memacu bawahan bekerja secara lebih baik lagi.

Adakan pelatihan atau seminar untuk menciptakan karyawan yang Andal. Tetapi jika perusahaan Anda belum memadai untuk melakukan hal tersebut, sebaiknya ikutikan mereka dalam pelatihan atau seminar pengembangan karier di lembaga tertentu. Hal tersebut akan membuat mereka merasa dirinya penting dan ilmu yang didapatkannya bisa diaplikasikan dalam menjalankan tugasnya di perusahaan Anda.

Bila karyawan mengalami kesulitan sebaiknya jangan ikut campur. Biarkan mereka memecahkan masalahnya sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas staf. Tapi Anda harus tetap bersikap terbuka pada mereka dan luangkan waktu untuk mereka bertanya.

Tunjukkan perilaku teladan yang Anda harapkan dari bawahan. Salah satu cara bawahan menerima didikan pimpinan adalah belajar dari pengamatan. Karena setiap waktu tanpa disadari atau disadari, mereka akan mengamati perilaku para pimpinannya. Hal tersebut merupakan proses pembentukan pola berpikir melalui pengamatan. Sebaiknya terapkan terus kedisiplinan dengan melalui inovasi brilian.

http://perempuan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Layang-layang

Dulu pernah kaubelikan aku sebuah layang-layang pada hari ulang tahun. Aku pun bersorak sebagai kanak-kanak tapi hanya sejenak.