Rabu, 13 Juni 2012

Quis Matkul Teknik I/O

1. Sebutkan Langkah-langkah Transfer DMA

- Prosesor menyiapkan DMA transfer dengan menyedia kan data-data dari device, operasi yang akan ditampilkan, alamat memori yang menjadi sumber dan tujuan data, dan banyaknya byte yang di transfer.

- DMA controller memulai operasi (menyiapkan bus, menyediakan alamat, menulis dan membaca data), sampai seluruh blok sudah di transfer.

- DMA controller meng-interupsi prosesor, dimana selanjutnya akan ditentukan tindakan berikutnya.
2. Jelaskan Perbedaan Polling, Buffering, dan Interupsi

- Polling --> Busy-waiting/ polling adalah ketika host mengalami looping yaitu membaca status register secara terus-menerus sampai status busy di-clear. Pada dasarnya polling dapat dikatakan efisien. Akan tetapi polling menjadi tidak efisien ketika setelah berulang-ulang melakukan looping, hanya menemukan sedikit device yang siap untuk men-service, karena CPU processing yang tersisa belum selesai.

- Buffer --> Tujuan utama adalah mendapatkan penyesuaian data sehubungan perbedaan laju transfer data dari perangkat peripheral dengan kecepatan pengolahan pada CPU. Laju transfer data dari perangkat peripheral lebih lambat dari kecepatan CPU maupun media penyimpan.

- Interupsi/ Interrupt -->Interrupt atau interupsi adalah proses dalam komputer untuk meminta dilayani oleh mikroprosesor sesuai dengan tingkat prioritasnya yang telah diatur sedemikian rupa oleh sistem hardware computer.

3. Kenapa dibutuhkan interface pada aplikasi I/O?

Karena bervariasinya metode operasi piranti peripheral, sehingga tidak praktis apabila sistem komputer harus menangani berbagai macam sisem operasi piranti peripheral tersebut. Format data dan panjang data pada piranti peripheral seringkali berbeda dengan CPU, sehingga perlu modul untuk menyelaraskannya

4. Apa tujuan adanya Device driver? Berikan contoh keuntungan yang kita dapatkan dengan adanya hal ini?

1 komentar:

  1. mbake mau tnya penting bgt...
    sms ya di numb ku...masalah pendaftaran di unikama..nii numb ane...089678034800

    BalasHapus

Layang-layang

Dulu pernah kaubelikan aku sebuah layang-layang pada hari ulang tahun. Aku pun bersorak sebagai kanak-kanak tapi hanya sejenak.